logo last sunday

Masuk / Daftar

BERITA

754 MAHASISWA BERPRESTASI IKUTI TEST CAT

image post single last sunday

Bertempat di SMA Negeri 1 Wonogiri, Sabtu (14/10) pekan ini telah dilaksanakan tahapan seleksi dengan Computer Asisted Test (CAT) bagi 754 mahasiswa yang mendaftar Program Mahasiswa Berprestasi (Mapres) Wonogiri yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Sebelumnya terdapat 1448 pelamar beasiswa mahasiswa berprestasi yg mengikuti seleksi administrasi melalui sistem online yang dibuka mulai tanggal 25 Oktober hingga 6 November lalu.

Dalam kesempatan tersebut Theresia Sri Sundari Widowati, selaku staf bidang  pendidikan non formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, disela kegiatan tes CAT Kepada RGS mengatakan bahwa untuk tahun ini kuota bagi mapres 207 mahasiswa.

“Jumlahnya terbagi dari S1 sebanyak 166 mahasiswa, S1 keagamaan sebanyak 31 mahasiswa, dan untuk S2 sebanyak 11 mahasiswa,” katanya.

Tere menjelaskan untuk teknis pelaksanaan test dibagi dalam 5 sesi, per sesi diikuti oleh 78 peserta.  Selama kegiatan, panitia selalu mererapkan Protokol kesehatan. Adapun panitia melibatkan Ikatan Mahasiswa Berprestasi Jajaran Disdik, petugas teknis SMAN 1 Wonogiri, dan pihak ketiga yakni CV Archen.

“Dipilihnya SMAN 1 Wonogiri sebagai tempat pelaksanaan test dengan berbagai pertimbangan, diantaranya tersedianya akses pintu masuk keluar dan lab komputer yang memadai,” tambahnya.

Ujian dimulai pukul 07.30 dan berakhir pukul 15.45, dengan pembagian waktu persesi 45 menit CAT dan wawncara 45 menit. Untuk hasil akhir dari penjaringan mahasiswa berprestasi yang lolos seleksi, akan diumumkan melalui websiter resmi Pemkab Wonogiri http://wonogirikab.go.id, setelah mendapat penetapan dari Bupati Wonogiri.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Yuli Bangun Nursanti dalam kesempatan tersebut menyampaikan tahun ini sudah memasiku tahun ke 5 program mapres.

“Adapun diberikan bantuan tersebut dengan tujuan Pemerintah memberikan biaya pendidikan beasiswa kepada mahasiswa yang mengalami kendala secara ekonomi. Pemerintah juga ingin agar mempunyai sumber daya manusia yang berpotensi, agar dapat berperan dalam mempercepat pembangunan bangsa menuju kemandirian ditengah-tengah perkembangan global yang kompetitif,” katanya.

Sumber : Berita Daerah RGS Wonogiri (14 November 2020)