logo last sunday

Masuk / Daftar

BERITA

WAKIL BUPATI PANEN RAYA PADI BERSAMA KELOMPOK TANI SARI BUMI SELOGIR

image post single last sunday

Selasa (27/3) pekan ini Kelompok Tani Sari Bumi Desa Gemantar Kecamatan Selogiri telah melaksanakan kegiatan "Sarasehan Petani Bersama Bupati Wonogiri dan Direksi PT Petrokimia Gresik". Acara ini dihadiri kurang lebih 400 orang yang terdiri dari Penyuluh Pertanian Kecamatan Selogiri, kelompok tani (poktan) dan gabungan kelompok tani (gapoktan) Desa Gemantar// Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri, Jajaran Forkopimcam Selogiri, Menejemen PT Petrokimia Gresik, serta jajaran Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Wonogiri.

Dalam bagian laporannya, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Wonogiri Safuan menyampaikan bahwa dalam rangka upaya pencapaian swasembada pangan, dilaksanakan upaya khusus padi jagung dan kedelai (upsus pajale) berupa Panen Raya sebagai upaya memberikan dorongan dan penghargaan kepada petani Wonogiri.
“Areal panen di Desa Gemantar pada bulan Maret 2018 ini seluas 125 hektar yang di dalamnya terdapat dukungan berupa denfram padi dengan menerapkan teknologi jajar legowo dengan pemupukan petroganik dan phonska,” kata Safuan.  
Safuan menambahkan bahwa luasan denfram adalah 5 hektar dari PT Petrokimia Gresik sementara hasil ubinan denfram di kelompok Tani Sari Bumi 1 adalah sebesar 6,4 kg.
Mewakili pihak Managemen PT Petrokimia Gresik Agus Adriansyah mengatakan bahwa untuk meningkatkan hasil pertanian baik pupuk organik maupun non organik, PT Petrokimia Gresik selalu mengutamakan kesediaan pupuk terhadap masyarakat, khususnya di Kabupaten Wonogiri.
Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa dalam bagian sambutannya mengatakan bhawa dalam panca program, pertanian merupakan salah satu bidang yang menjadi program unggulan Bupati Wonogiri.
“Bidang pertanian di Wonogiri harus sukses, maka pemerintah memberikan terobosan-terobosan antara lain kerja sama dengan PT Petrokimia Gresik guna menjaga ketersediaan pupuk bagi petani di Kabupaten Wonogiri, serta dengan pemberian alat bantu pertanian kepada kelompok gapoktan yang ada di Kabupaten Wonogiri,” katanya.
 
Repoter dan Foto : Mamik (RGS Wonogiri)